Minggu, 04 Januari 2009

Penyimpan data..

Hayasaki bersama rekan-rekannya dari Tokushima University, Jepang, telah menemukan bahwa data dapat disimpan pada kuku manusia. Caranya? meradiasi kuku dengan laser femtosecond (frekuensi tinggi - satu kali sepuluh pangkat -15 detik). Kapasitas penyimpanannya bisa mencapai lima Megabit dan bisa bertahan sampai enam bulan. Masa itu setara dengan umur sebuah kuku jari manusia sebelum tergantikan sepenuhnya.

Sebagai perbandingan, media penyimpanan saat ini pada umumnya memiliki kapasitas dengan satuan byte (Satu bit setara dengan 1/8 byte). Melihat hal itu, Hayasaki mengakui bahwa penerapan temuan ini memang bukan untuk penyimpanan data dalam jumlah besar.

3 komentar:

susanti.wong mengatakan...

wah... ada juga hal yang seperti ini. cuman infonya masih kurang jelas. soalnya kuku kita kan sering tergesek, kena air, kena panas,dll. apakah bisa bertahan data2 yang tersimpan dalam kuku kita?

Emmanuella^djb^ mengatakan...

wahh, hebat banget dehh
masa kuku bisa buat nyimpen data sihh?
tapi, klo pun bisa, mungkin ga ada yg berani utk nyimpan data yg penting, paling buat coba2 aja.
tapi pake laser yahh...?
hm..apakah itu membahayakan?? misalnya kena kanker mungkin??

Good IT mengatakan...

ini teknologi agak repot juga ya...kita jadi susah harus ngurus kuku, penting nih biar gk hilang data kita... berarti selama ada data di dlm, kita k blh nyuci piring tau baju dnk, kn bhy kalau kuku kita ampe kelupas tau patah, hehehe repotzzz kayak di manicure aja..